Selasa, 10 Desember 2019

Senam Irama

Senam irama atau seringkali disebutkan dengan senam ritmik, adalah satu diantara cabang olahraga artistik yakni satu orang menunjukkan pergerakan senam yang dikerjakan dalam irama musik dengan menjadikan satu akrobatik, tari kekinian serta balet atau senam dengan memakai beberapa alat membantu seperti bola, tali, gada serta simpai.

Senam irama sama dikerjakan oleh wanita, karena semenjak jaman dahulu senam irama didominasi oleh wanita sebab senam itu terbentuk di Eropa oleh ahli seni. Senam irama sendiri banyak ambil pergerakan dari balet yang mana balet sama dengan wanita.

Baca Juga Senam Irama

Faedah Senam Irama

Semua type senam tentu saja memberi faedah buat badan kita, seperti dalam senam irama yang bisa membuat badan olahragawan terbangun kesehatan dan kebugarannya.

Tidak itu saja, badan olahragawan senam irama biasanya juga bisa terbangun proporsinya, siap, tegap, ramping, fleksibel, lentur, luwes, dan penuh daya.

Nyatanya bukan hanya beberapa olahragawan saja yang terima faedah, buat beberapa pemirsa juga senam irama memberi faedah berbentuk kesenangan tertentu serta dapat menstimulus pemirsa untuk rajin berolah raga.

Serta tiap bentuk koreografi serta gabungan pergerakan dalam senam irama berperan jadi medan refrensi serta pengetahuan mengenai peluang gerak badan.

Arah Senam Irama

Mengenai arah dari senam irama antaralain untuk :
  • · Tingkatkan peranan jantung.
  • · Tingkatkan kapasitas paru-paru serta tingkatkan stamina dan kekuatannya.
  • · Tingkatkan pengaturan badan buat orang yang masuk umur renta.
  • · Tingkatkan kebal badan.
  • · Menahan Anda dari beberapa penyakit, terma

Alat Senam Irama

1. Bola (Ball)

Dalam senam irama memakai alat berbentuk bola dengan ukuran diameter 18–20 cm. Bola ini dibuat dari karet atau plastik dengan berat bola 4000 gr.

Dimainkan dengan dibuang, digenggam, atau digelindingkan sesuai macam atau pada permukaan badan, tetapi bola itu tidak bisa jatuh ke lantai waktu olahragawan lakukan koreografinya.

2. Pita (Ribbon)

Tidak cuma bola, senam irama memakai pita yang memiliki bahan fundamen halus seperti kain satin serta dikasih tongkat pendek yang dibuat dari plasti atau kayu dengan ukuran diameter 1 cm serta panjang 35 cm.

Pita sendiri, mempunyai panjang dengan ukuran 5 mtr. (untuk junior) serta 6 mtr. (untuk senior). Dimainkan dengan putaran, diayunkan, spiral serta ada banyak yang lain, sebaga pengiring pergerakan dari olahragawan senam irama.

Sama waktu menggenggam bola, saat lakukan koreografinya olahragawan senam itu tidak bisa menjatuhkan stik serta membuat pita jadi kusut atau terbelit.

3. Tali (Rope)

Seterusnya ada tali, tali ini dibikin berbahan yang halus serta nyaman untuk digenggam oleh olahragawan senam, umumnya terbbuat dari serat sintesis. Panjang dari tali itu sesuai dengan postur badan olahragawan.

Dimainkan dengan diayunkan membuat satu lingkaran, skipping, dibuang dan lain-lain, serta olahragawan tidak bisa sampai menjatuh tali ke lantai walau dengan tidak menyengaja.

4. Simpai (Hoop)

Alat yang paling akhir ialah simpai, Mempunyai ukuran diameter 51–90 cm dengan berat minimimal 300 gr. Simpai dibuat berbahan kayu atau plastik, dengan warna alami atau juga bisa sesuai dengan baju olahragawan senam.

Dimainkan dengan dibuang selanjutnya diamankan kembali, dibuang, diputar dengan lengan, dada, leher dan pinggul serta ada banyak pergerakan yang pernah dikerjakan oleh atlet-atlet senam.

Pergerakan Dasar Senam Irama

Pekerjaan serangkaian gerak mengambil langkah serta mengayunkan lengan

1. Berdiri dengan ke-2 lengan lurus kesamping.
2. Pandangan ke depan.
3. Langkahkan kaki kiri ke depan sekalian mengayunkan.
4. Tangan kiri mengarah belakang sedang tangan kanan mengarah depan.
5. Lakukan pergerakan ini disambung dengan melangkahkan kaki kanan ke depan serta mengayunkan lengan kanan ke belakang dan lengan kiri ke depan.
6. Tiap pergerakan mengayun serta mengambil langkah diikuti gerak lutut mengeper.Jatuh pada hitungan ke empat kaki kiri merapat pada kaki kanan.
7. Berdiri tegak, ke-2 lengan lurus ke depan.
8. Pandangan ke depan.

Gabungan gerak mengambil langkah dengan memutar ke-2 lengan di samping tubuh

1. Berdiri tegak.
2. Ke-2 lengan lurus ke depan.
3. Pandangan ke depan.
4. Langkahkan kaki kanan ke depan serta tangan kiri diayun ke belakang, lalu putar tangan kiri ke depan serta luruskanke depan.
5. Langkahkan kaki kiri ke depan serta tangan kanan diayun ke belakang, lalu putar tangan kanan ke depan serta luruskan ke depan.
6. Ke-2 kaki rapat.
7. Pandangan ke depan.
8. Ke-2 lengan lurus ke depan.

Gabungan gerak melangka mundur maju dengan ayunan serta putaran dua lengan

1. Berdiri tegak.
2. Ke-2 lengan lurus ke depan.
3. Pandangan ke depan.
4. Putar ke-2 tangan ke belakang bertepatan kaki kiri bergerak mundur 2 langkah.
5. Putar kembali ke-2 tangan mengarah depan bertepatan kaki kanan bergerak maju 2 langkah.
6. Tiap pergerakan diikuti gerak lutut mengeper.
7. Berdiri tegak menyamping arah pergerakan.
8. Ke-2 lengan lurus ke samping kanan.
9. Pandangan ke depan.

Pekerjaan serangkaian gerak ke samping kiri, kanan dengan ayunan putaran dua lengan

1. Berdiri tegak menyamping arah pergerakan.
2. Ke-2 lengan lurus ke samping kanan.
3. Pandangan ke depan.
4. Putar ke-2 tangan mengarah samping kanan bertepatan kaki kiri bergerak menyamping 2 langkah.
5. Ayunkan serta putar kembali ke-2 lengan ke samping kiri bertepatan kaki kanan kaki kanan bergerakmenyamping 2 langkah.
6. Berdiri tegak menyamping arah pergerakan.
7. Ke-2 lengan lurus ke samping kanan.
8. Pandangan ke depan.

Jenis-Jenis Senam Irama

1. Individu

Sama dengan judulnya, senam ini dikerjakan oleh seseorang olahragawan/individu dengan mempertlihatkan koreografinya memakai alat atau dengan tidak memakai alat.

2. Barisan

Berlainan dengan senam irama individu, dalam type senam irama barisan, beberapa olahragawan memakai satu dari demikian type alat buat mempertunjukkan koreografinya.

Demikian artikel yang membahas mengenai Senam Irama: Pemahaman, Riwayat, Faedah, Type, Arah, Pergerakan mudah-mudahan artikel di atas bisa menolong sahabat semua yang sedang cari jawaban atau untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasannya. Sampai jumpa , terus pantengin dosenpintar.co.id untuk artikel-artikel yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar